Kamis, 30 Juni 2011

THE NEXT VAN DER SAR "DE GEA"


Salah satu tugas penjaga gawang adalah mengkoordinir rekan-rekannya dalam bertahan. Kiper anyar Manchester United David De Gea diminta tak sungkan untuk melakukannya.

Ketika situasi tendangan bebas terjadi, kiper sering berteriak untuk mengatur pagar betis yang dibentuk oleh rekan-rekannya. Sementara itu ketika sepak pojok, seorang kip...er bahkan tak hanya berteriak namun terkadang mendorong rekannya untuk berdiri di tempat yang diinginkan oleh kiper.

Secara umum tugas kiper adalah mengkoordinir para pemain belakang dalam bertahan. Hal tersebut sangat penting guna menghindari terjadinya miskomunikasi yang bisa berbuah blunder dan menguntungkan lawan.

Tugas yang sama akan diemban oleh De Gea. Kiper anyar Manchester United ini akan bermitra dengan para senior seperti Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, John O'Shea di lini belakang The Red Devils.

Salah satu legenda MU, Arthur Albiston meminta De Gea untuk tidak merasa sungkan ketika harus mengatur rekan-rekannya di barisan pertahanan.

Albiston membandingkan situasi yang dialami eks Atletico Madrid itu dengan salah satu kiper MU Gary Bailey. Bailey melakukan debut bersama Setan Merah pada tahun 1978 dan kemudian bisa menggantikan posisi seniornya Alex Stepney.

"De Gea memiliki situasi yang seurpa dengan Gary Bailey, yakni bergabung dengan tim ini di usia yang masih sangat muda dan selanjutnya Gary menjadi kiper yang fantastis," kata Albiston dikutip dari situs resmi MU.

"Saya tidak tahu apakah De Gea adalah orang yang penuh percaya diri atau yang berkarakter kuat. Namun Bailey memiliki kepribadian yang kuat dan percaya diri yang tinggi. Meski dia baru memasuki awal karirnya di sini, dia tidak malu untuk memerintah para bek berpengalaman," lanjut bek kiri MU tahun 1974-1988 itu.

"Itu adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang kiper dan beberapa kiper menemui kesulitan dalam hal ini. Namun semua pemain harus berkomunikasi di lapangan dan kiper harus bersuara keras dan mengatur pertahanannya."

"De Gea telah membuktikan diri bahwa dia bisa bermain di bawah tatapan ribuan penonton. Yang dia perlukan hanyalah memahami rekan-rekannya terutama pemain belakang. Seperti Bailey, Schmeichel, dan Van der Sar, dia tidak perlu sungkan untuk mengatakan kepada rekannya apa yang harus dilakkan," tuntasnya.

Tidak ada komentar:

Speak Your Mind

komentar ya? berguna pastinya :)

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates