Selasa, 09 September 2014

ESQ Esa Unggul 2014


Bismillahirahmanirrohim...
Pak Ridwan Mukri
2 hari gue diajak untuk kegiatan ESQ di Kampus, gue sih belum pernah ngerasain yang beneran. Paling cuma sekedar ditakut-takutin jaman SMP, teriak-teriak "Bayangkan Jika ibumu tiada....." "Ibuuuuuu....."
Tapi gue akhirnya ngerasain. Dengan dipandu oleh Trainer dari ESQ seperti Pak Ridwan Mukri, Pak Mario dan KD, wohhh Diva?? Bukann!! ini Kang Dadang *HAHA
Awalnya gue pikir apa yang bakal terjadi, ESQ ga jauh-jauh dari kata menangis, tapi awal mula acara mulai, gue ngerasain hal yang beda, kita dibawa hanyut dalam ke-enjoyan, disuruh Relax, dan syarat akan nilai-nilai agama Islam... *adeemm



DAY 1

Gue yang harus ekstra siap karna harus sampe jam 6, eh malah terbangun pukul 3.00 WIB. Darimana sia-sia, gue malah youtube-an sampe jam 4, baru gue mandi. Baru gue capcus ke tempat yang dituju, Aula Kemala. Perasaan penasaran akan ESQ, menyebabkan gue terkena mules di pagi hari, ngider sana-sini cari wc, kaya orang lagi nawarin Villa *eh
Indonesia ga lepas dari dunia pengaretan, gue yang dateng 6 kurang aja, acara dimulai sekitar jam 8.
Gue duduk didepan, baris ketiga. Samping gue temen baru, ga ada yang gue kenal, oke disitu yang gue suka.. mencari kenalan baru, karna kita ga terpaut hanya satu tempat, kita butuh dunia luar, temen dari Fakultas lain, kalo kata pak Mukri "Calon Pemimpin sukses kedepan nya".



Acara dimulai, diawali dengan perkenalan tokoh dibalik ESQ 165, apa itu ESQ, dan penjelasan rinci agar kita mengetahu maksudnya. Dan kita memang manusia yang Berintelektual, tapi tanpa Emotional dan Spiritual kita ga bisa jadi orang yang hebat, kita perlu mendekatkan diri kepada Allah, dan mampu membedakan emosi dan suara hati.
Kita juga harus mempunyai tujuan pencapaian, Long Term, Mid Term, dan
Short Term. Jangka panjang kita hanya masuk surga, dan bertemu Allah SWT, dan Jangka menengah kita itu Sukses di Dunia, menjadi yang terbaik. Dan Short Term kita yang harus kita perhatikan, kita harus menjadi jiwa yang semangat, menentukan pilihan dari sekarang, kerjakan yang baik, dan memilih yang benar.

Tidak ada yang kita cari selain Allah, tidak ada yang kita rindukan selain Allah, Allah yang memegang semua kendali di dunia ini, sebut saja Teori Big Bang yang baru ditemukan jawaban nya pada Abad 20 dengan Teknologi Canggih, padahal Nabi Muhammad telah menyampaikan kebenaran nya, yang dikemukakan langsung dari firman ALLAH SWT. Namun sangat disayangkan, ada sebagian orang yang menganggap tak benar dan gila.
Kenikmatan mana yang kalian dustakan? masihkah kita menutup mata atas segala yang telah ditunjukkan kepada kita? Segala kekuasaan didunia ini. Masihkah kita juga lalai? Bisa saja nyawa kita dicabut oleh-NYA, tapi kita seharusnya mampu improve menjadi manusia yang lebih baik, dengan membaca Firman Allah SWT dalam Al-Quran.

DAY 2

Hari penutupan ya pastinya gue agak males-malesan, temen juga mau berangkat jam 6. Tapi gue berangkat jam setengah 6.. Bangun juga gue seadanya, mandi dilama-lamain, tapi gue tetep semangat!
Hari terakhir yang kata nya bakal menjadi akhir dari maksud ESQ ini, semua nya akan terungkap jelas apa yang ingin ESQ capai, merubah cara pandang.

Berawal dari membahas Angel Principle, yang artinya kita harus melupakan perbuatan baik yang kita lakukan, dan jangan diingat. Dan kita harus berprinsip bahwa semua nya telah ada yang melihat, dan ada yang mencatat.  Kita ga pantas mendapatkan pujian, seluruh pujian itu hanya milik Allah SWT, kita hanya makhluk yang ga luput dari dosa dan kesalahan.

Adalagi tentang Leadership Principle, mengajarkan kita agar menjadi Pemimpin yang benar.
Ada 5 tingkatan Kepemimpinan seperti Dicintai karna kita pandai berhubungan dengan orang, diikuti, mempunyai Kader yang mampu meneruskan langkah kita, baru deh kita dapat menjadi Pemimpin Abadi yang mempunyai "Warisan Peninggalan" yang selalu diingat semua orang, layaknya Rasulullah yang selalu diingat, dicintai dan diagung-agungkan hingga sekarang.

SHINKANSEN!
Kita juga harus belajar terus, tidak rugi untuk bangkit. Layaknya Jepang yang memanfaatkan Magnet bekas Amerika saat PD 2, Sampai akhirnya menciptakan Kereta tercepat bernama "SHINKANSEN"
dengan kecepatan 300 km/jam, mengalahkan kecepatan kereta tercepat di Eropa dan Amerika yang dulu hanya 150 km/jam.
Inovasi tersebut dinamakan "KAIZEN". Mampu membuat perubahan, untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Kita tak perlu takut bermimpi, segala nya tinggal di Visualisasikan dalam pikiran kita, "DREAMS COME TRUE" apapun bisa dicapai kalau kita berusaha.. Optimis apapun bisa diraih, apalagi cewek yang kita mau kan? berdoa aja ke Allah SWT hehe.. *serius oy*

Hal terbodoh yang pernah kita lakukan adalah, saat kita hidup.. kita tertipu dengan belaian dunia.. Saat kita hidup, yang kita anggep sumber kehidupan adalah "Udara", Matahari sebagai "Cahaya", Bulan sebagai "kelembutan", Bumi sebagai "penopang" kita.. Padahal semua itu ada yang menciptakan, Allah SWT.
Semua bisa lenyap, semua bisa hancur, kecuali sang maha Pencipta! Kita tertipuu oleh Dunia, kita lupa dengan yang harus kita lakukan, yaitu mencari bekal sebanyak-banyaknya.. Kebahagiaan kita sekarang hanya 1% dari di Surga kelak. Allah telah menciptakan tempat terindah untuk kita.. Kita mempunyai waktu untuk bertobat, dari SEKARANG! Jangan sampe semuanya terlambat, kita harus menyiapkan semuanya.. dihati kita harus tersimpan nama-NYA, karena kita hanya "HAMBA ALLAH" dan yang kita mau hanya "ALLAH".

Tidak ada komentar:

Speak Your Mind

komentar ya? berguna pastinya :)

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates