Kamis, 21 April 2011

PELUANG JUARA 3 RAKSASA LIGA INGGRIS



Hitung-Hitungan Peluang Juara United, Chelsea, dan Arsenal
Manchester United, Chelsea, atau Arsenal? The title race is wide open!
Pertandingan di Liga Premier hanya menyisakan lima lagi. Setelah berminggu-minggu terlihat seperti tidak ada yang ingin juara, akhirnya –seperti bisa diteibak- tiga klub inilah yang berpeluang besar untuk finis di posisi tertinggi di akhir musim.
Manchester United kini unggul bersih enam poin atas kedua rivalnya tersebut. Chelsea dan Arsenal sendiri berbagi poin yang sama. Dengan The Blues duduk di posisi runner up akibat keunggulan selisih gol.
Hasil imbang bagi United dan Arsenal di midweek kemarin memang kembali membuka peluang bagi Chelsea dalam persaingan tiga kuda pacu ini. Dan untuk membuat segalanya lebih menarik lagi, United masih harus bertemu dengan dua rival terdekatnya ini dalam lima pertandingan terakhir mereka.
Dua partai ini bisa menjadi penentu siapa yang bakal jadi juara musim ini. Tidak ada poin yang boleh hilang lagi bagi tim manapun, dan perjalanan rollercoaster yang sudah dijalani sepanjang musim ini semoga saja bisa berhenti –setidaknya begitu harapan para fans.
Mari kita coba lihat satu per satu peluang dari tiga tim terbaik di tanah Inggris sejauh ini dengan menilai lima pertandingan tersisa mereka.

1.Manchester United
United memang memegang keunggulan psikologis dan juga poin saat ini. Unggul enam poin di akhir musim adalah jumlah yang cukup besar. Dan mereka kini “hanya” butuh 10 poin lagi untuk memastikan gelar juara ke 19 bisa mereka raih musim ini. Easy, eh? Err... Not really.
Lima pertandingan sisa United cenderung mengerikan. Weekend ini mereka menjamu Everton, yang secara tradisional kerap menyulitkan. Lalu giliran mereka yang harus berkunjung ke kandang Arsenal –partai sulit nan menentukan. Belum sempat bernapas, Chelsea akan datang ke Old Trafford dalam duel yang bisa memastikan siapa juara Liga musim ini. Dua pertandingan sisa juga sama sekali tidak mudah, dijamu Blackburn Rovers di Ewood Park kerap jadi ajang kehilangan poin, sementara Blackpool di Old Trafford di akhir musim? Bisa jadi sebuah batu sandungan yang besar.
Belum lagi dua laga semifinal Liga Champions menghadapi Schalke 04 yang siap mengganggu konsentrasi semua pemain United. Lebih istimewa lagi, laga ini terselip di antara duel melawan Arsenal dan Chelsea. Melihat begitu banyaknya pertandingan besar yang harus dijalani, ada satu kata yang tepat untuk jadwal akhir musim United ini: mengerikan.
Namun dengan melihat penampilan United yang di hari terbaiknya bisa mengalahkan siapa saja. Rasanya 10 poin tersebut bisa mereka dapatkan. Tiga kemenangan atas Everton, Blackburn, dan Blackpool. Plus setidaknya satu poin dari dua laga melawan dua rival akan jadi hasil yang cukup untuk jadi juara.
Posisi unggul enam poin jelas akan jadi sesuatu yang mereka jaga dengan sepenuh hati. Kehilangan gelar setelah unggul sejauh itu di akhir musim akan jadi pengalaman paling menyakitkan bagi siapapun. Anak-anak asuh Sir Alex Ferguson ini jelas tidak mau ini terjadi dan akan berjuang hingga akhir untuk mengamankan gelar pemecah rekor ini.

2.Chelsea
Beberapa pekan yang lalu, semua orang menyebut peluang Chelsea di Liga sudah habis. Rentetan hasil buruk membuat mereka tercecer dari persaingan dengan United dan Arsenal di puncak. Bahkan posisi mereka sempat nyaris tergusur dari empat besar secara permanen.
Namun, perlahan tapi pasti, Frank Lampard cs menemukan kembali permainan mereka dan melaju dengan meraih enam kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir. Dan, voila, out of nowhere mereka sudah kembali duduk di posisi kedua klasemen untuk menghantui United hingga titik darah penghabisan musim ini.
Lima pertandingan sisa Chelsea cenderung lebih ringan dibanding yang dimiliki United. Tiga partai kandang plus dua partai away akan menjadi santapan terakhir mereka musim ini. Tanpa ada gangguan dari kompetisi manapun lagi. Fokus The Blues 100% ada di Liga Premier. Yaitu bagaimana memenangi semua pertandingan tersisa dan –secara luar biasa- finis melewati United.
Pertandingan melawan West Ham di Stamford Bridge akhir pekan ini akan jadi ajang tiga poin mudah seharusnya. Dilanjutkan dengat partai super ketat lawan Spurs juga di The Bridge. Baru kemudian, partai super menentukan: showdown melawan United di Old Trafford. Setelah itu, Newcastle dan Everton tersisa untuk diselesaikan.
Melihat catatan tersebut, Chelsea berpeluang kehilangan poin di dua tempat. Di kandang sendiri saat menghadapi Spurs dan ketika dijamu United. Partai terakhir away melawan Everton juga akan tricky.
Kunci apakah Chelsea masih bisa lari di saat terakhir dan melewati United akan ditentukan tanggal 30 April nanti. Saat itu, Arsenal dan United bertarung di Emirates dan Chelsea menjamu Spurs. Jika United terpeleset dan Chelsea meraih poin penuh, pertandingan selanjutnya akan sangat menarik.
Namun jika yang terjadi sebaliknya, Chelsea bisa mulai melupakan (lagi) mimpinya meraih gelar juara musim ini...

3.Arsenal
Oh dear Arsenal... Tim yang punya segala peluang di dunia untuk menyempitkan dan menyulitkan hidup Manchester United sepanjang beberapa pekan terakhir ini. Dan –entah bagaimana- selalu gagal melakukannya.
Tradisi The Gunners untuk menukik turun di akhir-akhir musim kembali berlanjut musim ini. Setelah disebut-sebut akan bisa mencongkel posisi United di puncak, mereka kini malah terpeleset ke posisi tiga. Kalah selisih gol dari Chelsea. Rentetan hasil imbang yang tidak perlu menjadi penyebab kondisi ini.
Meski begitu, peluang juara mereka masih belum tertutup sama sekali. Menang di semua partai sisa, dengan ekspektasi United kehilangan poin di salah satu pertandingannya selain melawan mereka, Arsenal bisa mendadak juara.
Bolton, United, Stoke, Villa, dan Fulham. Itu adalah daftar lawan sisa Arsenal musim ini. Tidak terlihat sulit kan? Nanti dulu. Cesc Fabregas dan kawan-kawan justru seringkali kehilangan poin dari tim-tim tidak terduga semacam ini. Meski harus diakui dibanding jadwal United dan Chelsea, lawan tim London Utara ini yang paling “bersahabat”.
Tapi kunci utama apakah Arsenal bisa meraih gelar atau tidak ada pada akhir pekan ini. Pertandingan away melawan Bolton. Jika mereka kembali terpeleset –entah imbang atau kalah- dan United melaju mulus mengatasi Everton, maka ucapan selamat tinggal pada gelar harus dikeluarkan.
Jika sukses menang melawan Bolton, showdown melawan United di Emirates akan jadi ajang pembuktian apakah Arsenal memang layak meraih gelar musim ini. Sebuah kemenangan bisa jadi turning point terbesar di musim ini –meski tetap belum memastikan gelar juara akan jatuh ke tangan mereka. There’s still Chelsea!
Perhitungan siapa yang bakal meraih juara memang mendadak complicated. United kehilangan poin di kandang Newcastle menjadi salah satu bukti musim ini sama sekali tidak bisa tertebak. Siapapun bisa kehilangan poin di manapun.
Karena itu, sulit sekali melihat ada satu dari tiga tim ini yang akan melakukan sapu bersih di lima pertandingan terakhir. Dari segi form, Chelsea memang sedang menggila dan terlihat bisa mengalahkan siapa saja. Tapi ingat, dua pertandingan terakhir mereka melawan United musim ini berakhir dengan kekalahan.
Jadi, siapa yang akan juara? Masih sangat sulit diprediksi. Dan masih sangat banyak hal bisa terjadi. Namun dengan melihat kondisi belakangan, dan juga melihat performa sejauh ini, rasanya perayaan di akhir musim nanti akan jatuh ke sebuah tim yang memecahkan rekor meraih gelar juara terbanyak di tanah Inggris.
Benarkah begitu? Let’s just sit back and enjoy the last five weeks of this rollercoaster season!

Tidak ada komentar:

Speak Your Mind

komentar ya? berguna pastinya :)

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates